SOP, Standard, Pedoman/Kerangka Kerja Pada Pengelolaan SI

 

Standar Prosedur Telah Disiapkan

SOP atau standard operating procedure adalah prosedur yang spesifik pada operasi bisnis tertentu yang menggambarkan aktivitas yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan tugas, terkait dengan aturan industri tertentu, kesesuaian dengan aturan hukum, atau standar eksekusi bisnis. Semua dokumen yang memuat instruksi “how to” dapat dikategorikan pada SOP.

Beberapa definisi lain terkait SOP antara lain: merupakan dokumen yang memuat instruksi tertulis yang dibakukan tentang proses penyelenggaraan administrasi, memuat cara melakukan pekerjaan, waktu, tempat dan aktor yang

berperan (Insani, I., 2010), atau merupakan pedoman atau acuan pelaksanaan tugas sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja suatu lembaga, berdasarkan indikator teknis, administrative dan prosedural. (Atmoko T., 2012).

Kehadiran SOP untuk mendukung proses bisnis di suatu organisasi modern merupakan satu kebutuhan yang signifikan. Manfaat adanya SOP antara lain yaitu sebagai standarisasi cara kerja untuk menyelesaikan suatu tugas khusus dan mengurangi kesalahan serta kelalaian, membantu staff untuk lebih mandiri, memberikan akuntabilitas dan menyediakan ukuran standard kinerja pegawai (Permenpan No.PER/21/M-PAN/11/2008)

Tahapan penting penyusunan SOP adalah (Atmoko T., 2012)

1.    Analisis sistem dan prosedur kerja

2.    Analisis tugas yang meliputi: analisis tugas terkait, deskripsi tugas, spesifikasi tugas, penilaian tugas, dan pengukuran kerja.

3.    Analisis prosedur kerja.

Proses utama penyusunan SOP terdiri atas tiga kegiatan utama yaitu: Requirement discovery yang memuat identifikasi masalah dan pemecahannya, data modeling yaitu teknik mendokumentasikan data, dan process modeling, berupa teknik organisasi dan dokumentasi struktur dan data pada seluruh proses, kebijakan dan prosedur yang akan diimplementasikan.

Standar Pengelolaan Teknologi Informasi (TI)

Saat ini, pengelolaan teknologi informasi (TI) di suatu organisasi tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Besarnya investasi organisasi pada TI menuntut organisasi untuk mengelola TI dengan lebih bijak dan teliti. Terkait dengan pengelolaan TI, terdapat banyak standard dan best practice yang sudah banyak diadopsi dan diterapkan oleh industri. Beberapa kerangka dan pedoman standard pada pengelolaan TI ini antara lain adalah CobIT, ITIL, ISO/IEC 38500, ISO/IEC 27001, CMMI, Balanced Scorecard, dan Six Sigma. Masing-masing standard, pedoman, maupun kerangka kerja tersebut memiliki cakupan dan persepsi yang berbeda-beda.

Tata kelola Teknologi Informasi (TI) merupakan upaya menyeluruh pengelolaan asset dan proses pada TI disuatu organisasi. Menurut kerangka kerja CoBIT, domain yang dicakup pada tata kelola TI meliputi 4 area yaitu(1) align, plan and organize, (2) build, acquire and implement, (3) deliver, service and support, dan (4)monitor,evaluate and assess. Pada domain monitor, evaluate and assess, kehadiran SOP akan sangat membantumemonitor apakah suatu proses sudah berjalan sesuai dengan standard yang berlaku, serta apakah dapat memenuhistandar mutu tertentu. Oleh karena itu, kehadiran SOP merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelaksanaantata kelola TI di suatu organisasi.

ISO/IEC 38500 : 2008 diterapkan untuk mengatur tata kelola proses serta keputusan yang terkait denganlayanan informasi dan komunikasi organisasi. ISO/IEC 35800 menerapkan 6 prinsip yaitu:

1.      Menetapkan tanggung jawab

2.      Merencanakan dukungan terbaik untuk organisasi

3.      Melakukan akuisisi dengan alasan yang jelas

4.      Menjamin tingkat kinerja berada pada level tertentu

5.      Menjamin ditaatinya aturan

6.      Menjamin apresiasi terhadap factor manusia.

Implementasi ISO/IEC 38500 mengharuskan organisasi menerapkan tata kelola TI dalam model yangberupa siklus evaluate-direct-monitor yaitu:

1.      Evaluate : mengevaluasi penggunaan TI sekarang dan yang akan dating

2.      Direct : mengarahkan persiapan dan implementasi rencana dan kebijakan untuk menjamin bahwapenggunaan TI sesuai dengan kebutuhan bisnis

3.      Monitor : memantau kesesuaian pengelolaan TI denan kebijakan, dan kinerja TI sesuai dengan rencanasemula.Ketiga siklus di atas, berkaitan dengan proses pada tata kelola TI.

Balanced scorecard menyediakan pedoman pengelolaan yang mengatur keberimbangan peningkatan pada 4elemen yaitu keuangan, kepuasan konsumen, peningkatan proses bisnis internal, dan proses pembelajaranorganisasi. Penerapan balanced scorecard pada layanan TI dapat diturunkan dari balanced scorecardbisnis/organisasi, dan dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu [7] Balanced Scorecard IT development dan IToperations seperti pada gambar 3. Hal ini membantu organisasi mendefinisikan standard terpisah untuk layananoperasional TI dengan pengembangan TI.

Comments