Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Hingga Pengaruh Tokopedia Sebagai Perusahaan E-Commerce Lokal
Ilustrasi jaringan internet. FOTO/iStockphoto |
Sebagai
masyarakat modern, terutama pada masa pandemi ini yang memaksa kita untuk
mengerjakan pekerjaan dari rumah, tentunya kita tidak asing dengan media-media
penyedia informasi dan komunikasi seperti smartphone, laptop, internet
dan sebagainya.
Pertama
manusia hanya berkomunikasi secara lisan, kemudian manusia menemukan huruf, dan
perkembangan tersebut terasa hingga hari ini mulai dari dapat dilakukan dengan
telegraf, telepon, faksimili. surel. SMS. telekonferensi, dan sebagainya.
Semakin hari. proses komunikasi menjadi lebih praktis.
Dalam
perjalanannya, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan payung besar
terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan
menyampaikan informasi.
TIK
mencakup dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.
Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan
sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi
komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu
untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Istilah
TIK sendiri muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik
perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada
pertengahan abad ke-20.
Perpaduan
kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya.
Hingga awal abad ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum
terlihat titik jenuhnya.
Perkembangan
ilmu pengetahuan dari masa ke masa tak dimungkiri telah menimbulkan adanya
perubahan yang signifikan pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
Hal ini dapat dilihat dari dua masa, yaitu pada awal masa sejarah dan pada Era
modern.
Perkembangan
teknologi informasi pada masa prasejarah dimulai dari tahun 3000SM yang pada
saat itu ditemukan tulisan untuk pertama kalinya oleh bangsa Sumeria. Sementara
pada era modern perkembangan pertama teknologi informasi dimulai dengan adanya
media cetak, yaitu surat kabar atau yang sering disebut dengan koran melai
media ini manusia mulai dengan lebih mudah mengakses bebagai informasi dari
belahan dunia.
Sejarah Teknologi Komunikasi
Menurut laman Sumber Belajar Kemendikbud, teknologi komunikasi untuk menyampaikan informasi telah bergulir sejak zaman prasejarah. Awalnya, komunikasi menggunakan suara dengusan dan isyarat tangan. Lalu, berkembang sampai sekarang yang menggunakan peralatan komunikasi lebih modern.
1.
Masa Prasejarah (... sampai 3000 SM)
Di
zaman prasejarah, manusia purba berkomunikasi melalui informasi di
dinding-dinding gua. Mereka menceritakan pengalaman berburu dan binatang
buruannya. Mereka melukis untuk mewakili berbagai hal yang hendak dikatakan.
Obrolan di antara manusia masih sebatas dengusan, bahasa isyarat, dan gerakan
tangan.
2.
Masa Sejarah (3000 SM sampai dengan 1400 M)
Di
masa sejarah, teknologi komunikasi berevolusi menjadi lebih baik. Proses
menggambar di dinding gua masih berlangsung. Namun, berkembang lagi caranya
dengan menggunakan simbol seperti pada masa kehidupan Bangsa Sumeria yang
memakai huruf piktograf di era 3000 SM. Lalu, periode 2900 SM muncul huruf
hieroglif oleh bangsa Mesir kuno. Di tahun 1570-1045 SM, sistem menulis ikut
berkembang pada masa dinasti Shang di Cina. Masuk ke masa tahun 500 SM, bangsa
Mesir kuno memakai pohon papyrus sebagai kertas. Serat papyrus ditulisi beragam
informasi.Selanjutnya, Tsai Lun dari bangsa Cina menemukan kertas dari serat
bambu dan memungkinkan sistem pencetakan memakai blok kayu yang ditoreh dan
dilumuri tinta.
3.
Masa Modern (1400 M - sekarang)
Pada
masa modern teknologi komunikasi telah memungkinkan informasi bisa menyebar
sangat luas. Di masa ini ditemukan koran, telegraf, telepon, mesin ketik,
radio, televisi, hingga internet yang memudahkan orang berkomunikasi sekaligus
menyampaikan informasi lebih cepat.
Perangkat
telekomunikasi berkembang pesat saat teknologi digital mulai digunakan
menggantikan teknologi analog. Teknologi analog mulai terasa menampakkan
batas-batas maksimal pengeksplorasiannya. Digitalisasi perangkat telekomunikasi
kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang sejak awal merupakan
perangkat yang mengadopsi teknologi digital.
Produk
hasil konvergensi inilah yang saat ini muncul dalam bentuk telepon seluler. Di
atas infrastruktur telekomunikasi dan komputasi ini kandungan isi (content)
berupa multimedia mendapatkan tempat yang tepat untuk berkembang. Konvergensi
telekomunikasi – komputasi multimedia inilah yang menjadi ciri abad ke-21,
sebagaimana abad ke-18 dicirikan oleh revolusi industri.
Bila
revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti ‘otot’ manusia, maka
revolusi digital (karena konvergensi telekomunikasi – komputasi multimedia
terjadi melalui implementasi teknologi digital) menciptakan mesin-mesin yang
mengganti (atau setidaknya meningkatkan kemampuan) ‘otak’ manusia.
Pengaruh Tokopedia Sebagai Perusahaan E-Commerce Lokal
Tokopedia
merupakan perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko daring.
Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah
unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.
Hingga saat ini, Tokopedia termasuk marketplace yang paling banyak dikunjungi
oleh masyarakat Indonesia.
Tokopedia
turut mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan
perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara
daring dengan Pemerintah dan pihak-pihak lainnya. Salah satu program kolaborasi
yang diinisasi oleh Tokopedia adalah acara tahunan MAKERFEST yang diadakan
sejak bulan Maret 2018.
Pada
17 Mei 2021, Tokopedia dan Gojek mengumumkan resmi merger dan membentuk Grup
GoTo. Nama GoTo sendiri berasal dari singkatan Gojek dan Tokopedia dan juga
berasal dari kata gotong-royong.
Sejarah
Tokopedia Tower, Jakarta |
Pada
tahun 2016, Tokopedia menghadirkan produk teknologi finansial. Produk fintech
Tokopedia terdiri dari dompet digital, investasi terjangkau, kredit modal
bisnis, kartu kredit virtual, produk proteksi, skoring kredit berdasarkan data
untuk produk pinjaman, investasi, serta layanan keuangan lainnya.
Pada
tahun 2017, Tokopedia meluncurkan produk Deals untuk membantu masyarakat
Indonesia mendapatkan penawaran terbaik dari delapan kategori, termasuk Travel
dan Activity. Produk ini dimaksudkan untuk membantu bisnis offline melebarkan
sayap mereka secara online melalui Tokopedia.
Pada
tahun 2019, Tokopedia meluncurkan jaringan Gudang Pintar bernama TokoCabang di
tiga kota yakni Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Layanan gudang ini bertujuan
untuk membantu para penjual di marketplace tersebut dalam memenuhi pesanannya.
Pada tahun yang sama, Tokopedia juga menghadirkan Tokopedia Salam, sebuah
platform yang mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari
dengan berbagai pilihan produk dan layanan yang baik. Tokopedia Salam juga
memiliki fitur halal filter yang membantu pengguna untuk menemukan produk halal
secara mudah.
Kesimpulan
Tokopedia merupakan salah satu dari sekian banyak bukti
bahwa karya anak bangsa dapat bersaing hingga kancah internasional. Keringkasan
tampilan antarmuka, variasi produk yang ditawarkan, serta banyaknya promo-promo
menarik yang diadakan setiap bulannya hanya sebagian kecil dari kelebihan yang
penulis temukan yang tentunya tidak dapat penulis tuliskan satu persatu.
Comments
Post a Comment